Senin, 04 Februari 2013

CONTOH PROPOSAL SKRIPSI KEPERAWATAN ANAK

Alhamdulillah, dalam kesempatan ini, Saya akan memposting contoh sebuah Proposal Skripsi Keperawatan Anak secara ringkas. Semoga berguna.

Respon Anak Usia Todler (Usia 1 – 3 Tahun) terhadap Hospitalisasi di Paviliun .... Rumah Sakit ... Kota ... tahun ...

Abstrak

Secara umum rumah sakit merupakan pusat pelayanan kesehatan, tetapi perbedaan lingkungan antara rumah sakit dengan tempat tinggal, persepsi buruk terhadap sakit dan kurangnya mekanisme koping menyebabkan lingkungan rumah sakit dapat menjadi suatu stresor dan pengalaman yang menakutkan bagi pasien. Adanya respon negatif anak terhadap hospitalisasi menimbulkan kendala dalam pelaksanaan perawatan sehingga menghambat proses penyembuhan dan memperpanjang masa perawatan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran respon anak usia todler terhadap hospitalisasi di Paviliun .... Rumah Sakit ... Kota ... tahun .... Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian cross sectional. Variabel yang diteliti, yaitu respon anak usia todler terhadap hospitalisasi yang meliputi kecemasan karena perpisahan, kehilangan kontrol diri dan rasa takut terhadap perlukaan pada tubuh. Data primer diperoleh melalui wawancara dengan menggunakan kuesioner kepada ibu yang mempunyai anak usia todler (usia 1 – 3 tahun) yang dirawat di Paviliun .... Rumah Sakit ... . Analisis statistik yang dilakukan adalah analisis univariat.
Hasil penelitian ini menunjukkan dari 30 anak usia todler yang dirawat di Paviliun .... Rumah Sakit ... sebagian besar (66,7%) mengalami kecemasan karena perpisahan dengan kategori sedang; sebagian besar (66,6%) anak usia todler yang dirawat mengalami kehilangan kontrol diri dengan kategori sedang; dan sebagian besar (80%) anak usia todler yang dirawat mengalami rasa takut terhadap perlukaan pada tubuh dengan kategori sedang.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan agar saat dirawat anak diperkenalkan dengan perawat dan dokter yang akan merawatnya, melibatkan orang tua berperan aktif dalam perawatan anak dan tunjukkan sikap empati sebagai pendekatan utama dalam mengurangi rasa takut akibat prosedur yang menyakitkan.


Daftar Pustaka : 23 (1995 – 2006)


BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Keperawatan adalah bentuk pelayanan profesional berupa pemenuhan kebutuhan dasar yang diberikan kepada individu, baik sehat maupun sakit yang mengalami gangguan fisik, psikis dan sosial agar dapat mencapai derajat kesehatan yang optimal. Bentuk pemenuhan kebutuhan dasar dapat berupa meningkatkan kemampuan yang ada pada individu, mencegah, memperbaiki dan melakukan rehabilitasi dari suatu keadaan yang dipersepsikan sakit oleh individu (Nursalam, 2003).
Keperawatan anak merupakan salah satu bagian penting dari keperawatan. Keperawatan anak atau pediatri muncul sebagai kekhususan dalam menanggapi meningkatnya kesadaran bahwa masalah kesehatan anak berbeda dengan orang dewasa dan bahwa respon anak terhadap sakit dan stres berbeda-beda sesuai dengan umurnya (Nelson, 1999).
Sebagian besar anak pasti pernah berobat. Mereka mungkin langsung masuk bangsal akibat kecelakaan atau penyakit, mereka juga sering berobat ke puskesmas atau klinik sebagai pasien rawat jalan yang dirujuk oleh dokter umum untuk dikonsultasikan kepada  dokter spesialis di rumah sakit (Hull, 1998).
 Sakit  dan  dirawat  di  rumah sakit merupakan krisis utama yang tampak pada anak. Jika seorang anak dirawat di rumah sakit, maka anak tersebut akan mudah mengalami krisis, bahkan trauma karena anak mengalami stres akibat perubahan baik terhadap status kesehatannya maupun lingkungannya dalam kebiasaan sehari-hari serta anak mempunyai sejumlah keterbatasan dalam mekanisme koping untuk mengatasi masalah maupun kejadian-kejadian yang bersifat menekan (Nursalam, 2005).
Secara umum rumah sakit merupakan pusat pelayanan kesehatan, tetapi perbedaan lingkungan antara rumah sakit dan tempat tinggal, persepsi buruk terhadap sakit dan kurangnya mekanisme koping, maka lingkungan rumah sakit menjadi stressor dan pengalaman yang menakutkan bagi pasien dan keluarga. Saat anak di rumah sakit, stres yang diperlihatkan berupa rasa ketakutan terhadap tindakan yang dianggap menyakitkan serta rutinitas di rumah sakit, anak merasa diisolasi dan tindakan  perawatan atau prosedur yang menyakitkan akan menjadikan anak sangat stres (Whaley & Wong, 1999).
Anak usia todler bereaksi terhadap hospitalisasi sesuai dengan sumber stresnya. Sumber stres yang utama adalah cemas akibat perpisahan. Sebagian besar stres yang terjadi pada anak usia todler (usia 1 – 3 tahun) saat mengalami hospitalisasi adalah cemas karena perpisahan, khususnya dengan ibu. Hal tersebut disebabkan karena hubungan anak dengan ibu merupakan hubungan yang sangat dekat, akibatnya perpisahan dengan ibu akan menimbulkan rasa kehilangan pada anak akan orang yang terdekat bagi dirinya dan akan lingkungan yang dikenal olehnya, sehingga pada akhirnya akan menimbulkan perasaan tidak aman dan rasa cemas.
Selain perasaan cemas karena perpisahan, stressor pada anak yang dirawat di rumah sakit dapat berupa kehilangan kontrol diri, sehingga anak merasa bahwa dirawat di rumah sakit merupakan suatu hukuman, dipisahkan, merasa tidak aman dan kemandiriannya dihambat. Stressor yang juga sering dialami oleh anak yang dirawat di rumah sakit, yakni rasa takut terhadap perlukaan pada tubuh. Dampak dari stressor tersebut pada anak dapat berupa menyeringaikan wajah, menangis kuat, mengatupkan gigi, menggigit bibir, bahkan melakukan tindakan agresif seperti menggigit, menendang, memukul atau berlari ke luar  (Nursalam, 2005).
Adanya respon anak terhadap hospitalisasi menimbulkan kendala dalam pelaksanaan perawatan yang akan diberikan sehingga menghambat proses penyembuhan. Hal tersebut menyebabkan waktu perawatan yang lebih lama, bahkan akan mempercepat terjadinya komplikasi-komplikasi selama perawatan (Nursalam, 2005).
Walaupun ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang keperawatan anak telah berkembang pesat, tindakan yang dilakukan pada anak tetap menimbulkan trauma, rasa nyeri, marah, cemas dan takut pada anak. Oleh karena itu, perlu dikembangkan asuhan keperawatan yang tidak menimbulkan trauma pada anak. Atraumatic care adalah bentuk perawatan terapeutik yang diberikan oleh perawat dalam peran dan fungsinya sebagai pemberi asuhan keperawatan anak, melalui tindakan yang dapat meminimalkan stressor yang dialami anak (Supartini, 2004).
Hasil penelitian Safitri (2004) dalam penelitiannya mengenai stres anak di Instalasi Rawat Inap Anak Rumah Sakit xxx, didapatkan bahwa 60% klien anak (18 responden dari 30 responden)  berperilaku agresif, seperti menggigit, menendang dan memukul pada saat dirawat.
Rumah Sakit ... memberikan pelayanan kesehatan berupa rawat jalan dan rawat inap. Salah satu bentuk pelayanan rawat inap yang diberikan oleh ..., yakni bangsal perawatan anak pada Paviliun .... Berdasarkan laporan RS ...tahun ... diketahui bahwa jumlah anak yang dirawat di Paviliun ... sebanyak 1223 orang. Menurut laporan bulanan Paviliun ... RS... diketahui bahwa jumlah anak usia todler yang dirawat pada bulan Januari tahun .... sebanyak 30 anak, sedangkan pada bulan Pebruari sebanyak 27 anak, kemudian pada bulan Maret sebanyak 15 anak, pada bulan April sebanyak 19 anak dan pada bulan Mei sebanyak 14 anak  (RS..., 20..).
Selama waktu perawatan, pada umumnya dilakukan tindakan keperawatan secara invasive terhadap anak usia todler. Tindakan ini menimbulkan nyeri sehingga anak merasa takut dan stres. Bahkan, sebelum perawat melakukan tindakan, anak telah merasa takut dengan kedatangan perawat, karena anak berpikir bahwa perawat adalah orang yang menakutkan dan sering melakukan  tindakan yang menyakitkan tubuhnya (Sacharin, 1996).
Berdasarkan uraian di atas, maka akan sangat bermanfaat bila dilaksanakan penelitian mengenai respon anak usia todler terhadap hospitalisasi di Paviliun ... RS... .

BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
2.1      Anak Usia Todler
2.1.1    Pengertian
Anak adalah individu yang masih bergantung pada orang dewasa dan lingkungannya, artinya membutuhkan lingkungan yang dapat memfasilitasi dalam memenuhi kebutuhan dasarnya dan untuk belajar mandiri. Anak usia todler adalah anak yang berusia 1 sampai 3 tahun (World Health Organization dalam Supartini, 2004).

2.1.2    Tahapan Pertumbuhan dan Perkembangan Anak
Pertumbuhan adalah bertambahnya ukuran fisik (anatomi) dan struktur tubuh dalam arti sebagian atau seluruhnya karena adanya multiplikasi (bertambah banyak) sel-sel tubuh dan juga karena bertambah besarnya sel, sedangkan perkembangan adalah bertambahnya kemampuan dan struktur atau fungsi tubuh yang lebih kompleks dalam pola yang teratur, dapat diperkirakan serta diramalkan sebagai hasil dari proses diferensiasi sel, jaringan tubuh, organ-organ  dan sistemnya yang terorganisasi (Nursalam, 2005).
Ada beberapa tahapan pertumbuhan dan perkembangan pada masa anak-anak. Menurut Soetjiningsih (2002), tahapan tersebut, yaitu :
       a) Masa Pranatal (konsepsi-lahir), terbagi atas :
      1)   masa embrio (mudigah)     : masa konsepsi – 8 minggu
      2)   masa janin (fetus)              : 9 minggu - kelahiran
       b) Masa Pascanatal, terbagi atas :
       1)   Masa neonatal                  : usia 0 – 28 hari
(1)   Neonatal dini (perinatal)              : 0 – 7 hari
(2)   Neonatal lanjut                           : 8 – 28 hari
2)      Masa bayi
(1)   Masa bayi dini                            : usia 1 – 12 bulan
(2)   Masa bayi akhir                          : 1 – 2 tahun
            3)   Masa prasekolah (usia 2 – 6 tahun), terbagi atas :
                  (1)  Prasekolah awal (masa balita)     : mulai 2 – 3 tahun
                  (2)  Prasekolah akhir                         : mulai 4 – 6 tahun
            4)   Masa sekolah atau masa prapubertas, terbagi atas :
                  (1)  Wanita     : 6 – 10 tahun
                  (2)  Laki-laki   : 8 – 12 tahun
            5)   Masa adolesensi atau masa remaja, terbagi atas :
                  (1)  Wanita     : 10 – 18 tahun
                  (2)  Laki-laki   : 12 – 20 tahun

 2.1.3    Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Todler
        Pada   masa   ini  pertumbuhan  fisik   anak   relatif   lebih lambat dibandingkan dengan masa bayi, tetapi perkembangan motoriknya berjalan lebih cepat. Anak sering mengalami penurunan napsu makan sehingga tampak langsing dan berotot serta anak mulai belajar jalan. Pada mulanya anak berdiri tegak dan kaku, kemudian berjalan dengan berpegangan. Sekitar usia 16 bulan, anak mulai belajar berlari dan menaiki tangga, tetapi masih terlihat kaku. Oleh karena itu, anak perlu diawasi, karena dalam beraktivitas anak tidak memperhatikan bahaya. Pada masa ini anak bersifat egosentris, yaitu mempunyai sifat keakuan yang kuat sehingga segala sesuatu yang disukainya dianggap sebagai miliknya (Hidayat, 2005). 

2.1.4    Kebutuhan Dasar untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Anak
                 Menurut Soetjiningsih (2000), kebutuhan dasar untuk pertumbuhan dan perkembangan anak dapat dikelompokkan menjadi 3, yaitu :
a)  Asuh (Kebutuhan Fisik – Biomedis)
        Kebutuhan asuh meliputi :
(1)   Nutrisi yang cukup dan seimbang
        Pemberian nutrisi secara mencukupi pada anak harus sudah dimulai sejak dalam kandungan, yaitu dengan pemberian nutrisi yang cukup memadai pada ibu hamil. Setelah lahir, harus diupayakan pemberian Air Susu Ibu (ASI) secara eksklusif, yakni pemberian ASI saja sampai anak berumur 4 – 6 bulan. Sejak berumur 6 bulan, sudah waktunya anak diberikan makanan tambahan atau makanan pendamping ASI. Pemberian makanan tambahan ini penting untuk melatih kebiasaan makan yang baik dan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang mulai meningkat pada masa bayi dan prasekolah, karena pada masa ini pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi adalah sangat pesat, terutama pertumbuhan otak.
(2)   Perawatan kesehatan dasar
     Untuk mencapai keadaan kesehatan anak yang optimal diperlukan beberapa upaya, misalnya imunisasi, kontrol ke puskesmas atau posyandu secara berkala serta diperiksakan segera bila sakit. Dengan upaya tersebut keadaan kesehatan anak dapat dipantau secara dini, sehingga bila ada kelainan, maka anak segera mendapatkan penanganan yang benar.
(3)   Pakaian
       Anak  perlu  mendapatkan pakaian  yang  bersih  dan   nyaman   dipakai  karena  aktivitas  anak  lebih  banyak,  hendaknya pakaian  tersebut  dari  bahan yang mudah menyerap keringat.
(4)   Perumahan
      Dengan memberikan tempat tinggal yang layak, maka hal tersebut akan membantu anak untuk bertumbuh dan berkembang secara optimal.
(5)   Higiene diri dan lingkungan
     Kebersihan badan dan lingkungan yang terjaga berarti sudah mengurangi risiko tertularnya berbagai penyakit infeksi. Selain itu, lingkungan yang bersih akan memberikan kesempatan kepada anak untuk melakukan aktivitas bermain secara aman.
 (6)   Kesegaran jasmani (olahraga dan rekreasi)
       Aktivitas olahraga dan rekreasi digunakan untuk melatih kekuatan otot-otot tubuh dan membuang sisa metabolisme, selain itu juga membantu meningkatkan motorik anak dan aspek perkembangan lainnya.
b)  Asih (Kebutuhan Emosi dan Kasih Sayang)
       Kebutuhan asih meliputi :
(1)   Kasih sayang orang tua
      Orang tua yang harmonis akan mendidik dan membimbing anak dengan penuh kasih sayang. Kasih sayang tidak berarti memanjakan atau tidak pernah memarahi, tatapi bagaimana orang tua menciptakan hubungan yang hangat dengan anak sehingga anak merasa aman dan senang.
(2)   Rasa aman
        Adanya  interaksi  yang  harmonis  antara orang tua dan anak akan memberikan rasa aman bagi anak untuk melakukan aktivitas sehari-harinya.
(3)   Harga diri
      Setiap anak ingin diakui keberadaan dan keinginannya, tetapi bila anak diacuhkan maka hal ini dapat menyebabkan frustasi.
(4)   Dukungan atau dorongan
       Dalam melakukan aktivitas, anak perlu memperoleh dukungan dari lingkungan, tetapi bila orang tua sering melarang aktivitas yang akan dilakukan, maka hal tersebut dapat menyebabkan anak ragu-ragu dalam melakukan setiap aktivitasnya. Selain itu, orang tua perlu memberikan dukungan agar anak dapat mengatasi stresor atau masalah yang dihadapi.
(5)   Mandiri
      Agar anak menjadi pribadi yang mandiri, maka sejak awal anak harus dilatih untuk tidak selalu tergantung pada lingkungannya.
(6)   Rasa memiliki
       Anak  perlu  dilatih  untuk  mempunyai  rasa  memiliki  terhadap barang-barang yang dipunyainya sehingga anak tersebut akan mempunyai rasa tanggung jawab untuk memelihara barangnya.
(7)   Kebutuhan akan sukses, mendapatkan kesempatan dan pengalaman
     Anak perlu diberikan kesempatan untuk berkembang sesuai dengan kemampuan dan sifat-sifat bawaannya. Tidak pada tempatnya jika orang tua memaksakan keinginannya untuk dilakukan oleh anak tanpa memperhatikan kemauan anak.
c)  Asah (Kebutuhan Stimulasi)
        Stimulasi adalah adanya perangsangan dari lingkungan luar anak yang berupa latihan atau bermain.  Stimulasi merupakan kebutuhan yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Anak yang banyak mendapatkan stimulasi yang terarah akan cepat berkembang dibandingkan dengan anak yang kurang mendapatkan stimulasi. Pemberian stimulasi ini sudah dapat dilakukan sejak masa pranatal dan setelah lahir dengan cara menyusukan bayi pada ibunya sedini mungkin. Asah merupakan kebutuhan untuk perkembangan mental psikososial anak yang dapat dilakukan dengan pendidikan dan pelatihan.

2.2      Hospitalisasi atau Rawat Inap pada Anak Usia Todler
2.2.1    Pengertian Hospitalisasi
Hospitalisasi atau rawat inap pada anak adalah suatu proses yang karena suatu alasan yang berencana atau darurat yang menyebabkan anak harus tinggal di rumah sakit, menjalani terapi dan perawatan sampai pemulangannya kembali ke rumah (Supartini, 2004).

2.2.2    Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hospitalisasi
Menurut Steven (2000), faktor-faktor yang mempengaruhi hospitalisasi, yaitu:
2.2.2.1  Kepribadian Manusia
Tidak semua orang peka terhadap hospitalisasi atau rawat inap. Kita dapat melihat bahwa ada orang yang sangat menderita dan sangat bergantung pada apa yang diberikan lingkungannya. Ada juga yang menangani  sendiri dan tidak bisa menerima keadaan itu begitu saja. Salah satu faktor yang mempunyai pengaruh terhadap hospitalisasi adalah kepribadian manusia itu sendiri. 
2.2.2.2  Kehilangan Kontak dengan Dunia Luar
Klien atau keluarga yang tinggal di rumah sakit dengan terpaksa harus kehilangan kontak yang telah dijalaninya selama ini. Kehilangan terhadap sebagian besar dari kehidupannya dan orang-orang yang selalu ia hubungi.
2.2.2.3  Ada yang Memberikan Pertolongan
Ada perbedaan dalam tugas antara klien dan yang memberi pertolongan, ini terlihat jelas dalam kegiatan sehari-hari klien. Biasanya klien menunggu dan perawat yang mengetahui hal-hal yang dibutuhkan. Saat perawat menolong dengan giat dan aktif, maka ini sangat mempengaruhi keadaan klien.
2.2.2.4  Faktor Perawat
Faktor yang timbul dari perawat ditentukan oleh sikap perawat, baik dari hubungan antara sesama perawat maupun dengan sikap mereka terhadap klien, termasuk juga cara berpakaian perawat serta suasana lingkungan rumah sakit. Hal tersebut dapat mempengaruhi cepat atau lambatnya dampak hospitalisasi pada klien.
2.2.2.5  Obat-obatan
Obatan-obatan dapat memberikan pengaruh besar pada sikap. Beberapa obat-obatan dapat mengakibatkan adanya tanda-tanda yang sama seperti rawat inap dengan sendirinya. Hal   ini   akan   berdampak   besar   jika  menggunakan obat-obatan  yang merangsang adanya sikap tersebut.

2.2.3    Keuntungan Hospitalisasi
Perawatan yang dilakukan di rumah sakit dapat menimbulkan stres pada anak-anak. Namun demikian, terdapat juga keuntungan dari rawat inap, yaitu kesembuhan dari penyakit, memberikan kesempatan kepada anak untuk mendapatkan pengalaman sosial yang baru dan meluaskan hubungan interpersonal (Whaley & Wong, 1999).

2.2.4    Dampak Hospitalisasi
              Rawat inap atau hospitalisasi pada klien anak dapat menyebabkan kecemasan dan stres pada semua tingkatan usia. Penyebab dari kecemasan dipengaruhi oleh banyak faktor, baik faktor dari petugas (perawat, dokter dan tenaga kesehatan lainnya), lingkungan baru maupun keluarga yang mendampingi selama perawatan. Keluarga sering merasa cemas dengan perkembangan anaknya, pengobatan dan biaya perawatan. Meskipun dampak tersebut tidak bersifat langsung terhadap anak, secara psikologis anak akan merasakan perubahan perilaku dari orang tua yang mendampinginya selama perawatan. Anak menjadi semakin stres sehingga hal ini berpengaruh pada proses penyembuhan, yaitu menurunnya respon imun. Adanya penurunan sistem imun inilah yang akan berakibat pada penghambatan proses penyembuhan. Hal tersebut menyebabkan waktu perawatan yang lebih lama, bahkan akan mempercepat terjadinya komplikasi selama perawatan (Nursalam, 2005).

2.2.5    Reaksi Anak yang Mengalami Hospitalisasi
Sakit dan dirawat di rumah sakit merupakan krisis utama yang tampak pada anak. Jika seorang anak dirawat di rumah sakit, maka anak tersebut akan mudah mengalami krisis karena anak mengalami stres akibat perubahan baik terhadap status kesehatannya maupun lingkungannya dalam kebiasaan sehari-hari. Selain itu, anak tersebut mempunyai sejumlah keterbatasan dalam mekanisme koping untuk mengatasi masalah ataupun kejadian-kejadian yang bersifat menekan. Reaksi anak dalam mengatasi krisis tersebut dipengaruhi oleh tingkat perkembangan usia, pengalaman sebelumnya terhadap proses sakit dan dirawat, sistem dukungan (support system) yang tersedia serta keterampilan koping dalam menangani stres (Nursalam, 2005).

2.2.6    Stressor pada Anak yang Dirawat di Rumah Sakit
            Stres merupakan suatu stimulus yang menuntut dan juga akibat dari fisiologis dan emosi pada stimulus lingkungan yang disebabkan oleh adanya interaksi antara individu dengan lingkungannya (Abraham, 1997). Bila seorang anak dirawat di rumah sakit, maka anak tersebut akan mudah mengalami stres akibat perubahan status kesehatan dan lingkungannya dalam kebiasaan sehari-hari. Menurut Nursalam (2005), stressor pada anak yang dirawat di rumah sakit, yaitu :
        2.2.6.1 Cemas Karena Perpisahan
                Sebagian besar stres yang terjadi pada anak adalah cemas karena perpisahan. Anak  belum mampu berkomunikasi dengan menggunakan bahasa yang memadai dan memiliki pengertian yang terbatas terhadap realita. Hubungan anak dengan ibu merupakan hubungan yang sangat dekat, akibatnya perpisahan dengan ibu akan menimbulkan rasa kehilangan pada anak akan orang yang terdekat bagi dirinya dan akan lingkungan yang dikenal olehnya, sehingga pada akhirnya akan menimbulkan perasaan tidak aman dan rasa cemas.
                     Respon anak akibat perpisahan dibagi dalam 3 tahap, yaitu :
        1) Tahap Protes (Phase of Protest)
        Tahap ini dimanifestasikan dengan menangis kuat, menjerit dan memanggil ibunya atau menggunakan tingkah laku agresif, seperti menendang, menggigit, memukul, mencubit, mencoba untuk membuat orang tuanya tetap tinggal dan menolak perhatian orang lain. Secara verbal, anak menyerang dengan rasa marah, seperti mengatakan “pergi”. Perilaku tersebut dapat berlangsung dari beberapa jam sampai beberapa hari. Perilaku protes tersebut, seperti menangis, akan terus berlanjut dan hanya akan berhenti bila anak merasa kelelahan. Pendekatan dengan orang asing yang tergesa-gesa akan meningkatkan protes.
        2) Tahap Putus Asa (Phase of Despair)
        Pada tahap ini, anak tampak tegang, tangisnya berkurang, tidak aktif, kurang berminat untuk bermain, tidak ada napsu makan, menarik diri, tidak mau berkomunikasi, sedih, apatis, mengompol dan mengisap jari. Pada tahap ini, kondisi anak mengkhawatirkan karena anak menolak untuk makan, minum atau bergerak.
       3) Tahap Menolak (Phase of Denial)
       Pada tahap ini, secara samar-samar anak menerima perpisahan, mulai tertarik dengan apa yang ada di sekitarnya dan membina hubungan dangkal dengan orang lain. Anak mulai kelihatan gembira. Fase ini biasanya terjadi setelah perpisahan yang lama dengan orang tua. 

2.2.6.2 Kehilangan Kontrol Diri
                Anak berusaha sekuat tenaga untuk mempertahankan otonominya. Hal ini terlihat jelas dalam perilaku mereka dalam hal kemampuan motorik, bermain, melakukan hubungan interpersonal, melakukan aktivitas hidup sehari-hari dan komunikasi.
         Anak telah mampu menunjukkan kestabilan dalam mengendalikan dirinya dengan cara mempertahankan kegiatan-kegiatan rutinnya tersebut. Akibat sakit dan dirawat di rumah sakit, anak akan kehilangan kebebasan pandangan egosentris dalam mengembangkan otonominya. Hal ini dapat menimbulkan regresi. Ketergantungan merupakan karakteristik dari peran sakit. Anak akan bereaksi terhadap ketergantungan dengan negativitas, terutama anak akan menjadi cepat marah dan agresif. Jika terjadi ketergantungan dalam jangka waktu yang lama (karena penyakit kronis), maka anak akan kehilangan otonominya dan pada akhirnya akan menarik diri dari hubungan interpersonal.

2.2.6.3 Rasa Takut terhadap Perlukaan Tubuh
Konsep tentang citra tubuh (body image), khususnya pengertian mengenai perlindungan tubuh, sedikit sekali berkembang pada anak. Biasanya bila dilakukan pemeriksaan telinga, mulut atau suhu pada anus akan membuat anak menjadi sangat cemas. Reaksi anak terhadap tindakan yang tidak menyakitkan sama seperti reaksi terhadap tindakan yang sangat menyakitkan.
Reaksi anak terhadap rasa nyeri sama seperti sewaktu masih bayi, namun jumlah variabel yang mempengaruhi responnya lebih kompleks dan bermacam-macam. Anak akan bereaksi terhadap rasa nyeri dengan menyeringaikan wajah, menangis, mengatupkan gigi, menggigit bibir, membuka mata dengan lebar atau melakukan tindakan yang agresif, seperti menggigit, menendang, memukul atau berlari keluar.

2.2.7    Reaksi Orang tua terhadap Anaknya yang Dirawat di Rumah Sakit
                Reaksi orang tua terhadap anaknya yang sakit dan dirawat di rumah sakit dipengaruhi oleh berbagai faktor, antara lain :
1)  Tingkat keseriusan penyakit anak
2)  Pengalaman sebelumnya terhadap sakit dan dirawat di rumah sakit
3)  Prosedur pengobatan
4)  Sistem pendukung yang tersedia
5)  Kekuatan ego indvidu
6)  Kemampuan dalam penggunaan koping
7)  Dukungan dari keluarga
8)  Kebudayaan dan kepercayaan
9)  Komunikasi dalam keluarga
Adapun bentuk reaksi orang tua tersebut, antara lain :
        a) Penolakan atau ketidakpercayaan (denial or disbelief)
            Menolak atau tidak percaya. Hal ini terjadi terutama bila anak tiba-tiba sakit serius.
       b) Marah atau merasa bersalah atau keduanya
      Setelah mengetahui bahwa anaknya sakit dan harus dirawat di rumah sakit, maka reaksi orang tua, terutama ibu adalah marah dan menyalahkan dirinya sendiri. Mereka merasa tidak merawat anaknya dengan benar, mereka mengingat-ingat kembali mengenai hal-hal yang telah mereka lakukan yang kemungkinan dapat mencegah anaknya agar tidak jatuh sakit atau mengingat kembali tentang hal-hal yang menyebabkan anaknya sakit.
      c) Ketakutan, cemas dan frustasi
     Ketakutan dan rasa cemas dihubungkan dengan seriusnya penyakit dan tipe prosedur medis. Frustasi dihubungkan dengan kurangnya informasi mengenai prosedur dan pengobatan atau tidak familiar dengan peraturan rumah sakit.
     d) Depresi
     Biasanya  depresi  ini  terjadi setelah masa krisis anak berlalu. Ibu sering mengeluh merasa lelah baik secara fisik maupun mental. Orang tua mulai merasa khawatir terhadap anak-anak mereka yang lain yang dirawat oleh anggota keluarga lainnya, oleh teman atau tetangga. Hal-hal lain yang membuat orang tua cemas dan depresi adalah kesehatan anaknya di masa-masa yang akan datang, misalnya efek dari prosedur pengobatan dan juga biaya pengobatan.

2.2.8  Intervensi Keperawatan dalam Mengatasi Dampak Hospitalisasi
                 Sebagai salah satu anggota tim kesehatan, perawat memegang posisi kunci untuk membantu orang tua menghadapi permasalahan yang berkaitan dengan perawatan anaknya di rumah sakit karena perawat berada di samping klien selama 24 jam dan fokus asuhan adalah peningkatan kesehatan anak melalui pemberdayaan keluarga. Asuhan yang berpusat pada keluarga dan atraumatic care menjadi falsafah utama dalam pelaksanaan asuhan keperawatan.
                   Untuk itu berkaitan dengan upaya mengatasi masalah yang timbul baik pada anak maupun orang tua selama anaknya dalam perawatan di rumah sakit, fokus intervensi keperawatan adalah meminimalkan stresor, memaksimalkan manfaat hospitalisasi, memberikan dukungan psikologis pada anggota keluarga, dan mempersiapkan anak sebelum dirawat di rumah sakit (Supartini, 2004).

        2.2.8.1 Upaya Meminimalkan Stresor atau Penyebab Stres
            Menurut Supartini (2004), upaya untuk meminimalkan stresor dapat dilakukan dengan cara mencegah atau mengurangi dampak perpisahan, mencegah perasaan kehilangan kontrol diri dan mengurangi atau meminimalkan rasa takut terhadap perlukaan tubuh.
a) Upaya mencegah atau meminimalkan dampak perpisahan
(1)   Melibatkan orang tua berperan aktif dalam perawatan anak dengan cara membolehkan mereka untuk tinggal bersama anak selama 24 jam (rooming in);
(2)   Bila tidak mungkin untuk rooming in, beri kesempatan orang tua untuk melihat anak setiap saat dengan maksud mempertahankan kontak antar mereka;
(3)   Modifikasi ruang perawatan dengan cara membuat situasi ruang rawat seperti di rumah, di antaranya dengan membuat dekorasi ruangan yang bernuansa anak;
(4)   Mempertahankan kontak dengan kegiatan sekolah, di antaranya dengan memfasilitasi pertemuan dengan guru, teman sekolah dan membantunya melakukan surat menyurat dengan siapa saja yang anak inginkan.
        b) Upaya mencegah perasaan kehilangan kontrol diri
 (1)   Hindarkan pembatasan fisik jika anak dapat kooperatif terhadap petugas kesehatan. Bila anak harus diisolasi, lakukan modifikasi lingkungan sehingga isolasi tidak terlalu dirasakan oleh anak dan orang tua, pertahankan kontak antara orang tua dan anak terutama pada bayi dan anak todler untuk mengurangi stres;
(2)   Buat jadwal kegiatan untuk prosedur terapi, latihan, bermain dan aktivitas lain dalam perawatan untuk menghadapi perubahan kebiasaan atau kegiatan sehari-hari;
(3)   Fokuskan intervensi keperawatan pada upaya untuk mengurangi ketergantungan dengan cara memberi kesempatan pada anak untuk mengambil keputusan dan melibatkan orang tua dalam perencanaan kegiatan asuhan keperawatan.
        c) Upaya meminimalkan rasa takut terhadap perlukaan tubuh
(1)   Mempersiapkan  psikologis  anak  dan  orang tua untuk tindakan prosedur yang menimbulkan  rasa nyeri,  yaitu  dengan  menjelaskan apa  yang akan dilakukan dan memberikan dukungan psikologis pada orang tua;
(2)   Lakukan permainan terlebih dahulu sebelum melakukan persiapan fisik anak, misalnya dengan cara bercerita, mengambar, menonton video kaset dengan cerita yang berkaitan dengan tindakan atau prosedur yang akan dilakukan pada anak;
(3)   Pertimbangkan untuk menghadirkan orang tua pada saat dilakukan tindakan atau prosedur yang menimbulkan rasa nyeri terhadap anak, bila anak tersebut tidak dapat menahan diri, bahkan menangis bila melihatnya. Dalam kondisi ini, tawarkan pada anak dan orang tua untuk mempercayakan kepada perawat sebagai pendamping anak selama prosedur tersebut dilakukan;
(4)   Tunjukkan sikap empati sebagai pendekatan utama dalam mengurangi rasa takut akibat prosedur yang menyakitkan.

2.2.8.2  Memaksimalkan Manfaat Hospitalisasi pada Anak
                    Perawat dapat memaksimalkan manfaat hospitalisasi pada anak dengan cara :
a) Membantu perkembangan orang tua dan anak dengan cara memberi kesempatan orang tua  mempelajari tumbuh kembang anak dan reaksi anak terhadap stresor yang dihadapi selama dalam perawatan di rumah sakit;
b) Hospitalisasi dapat dijadikan media untuk belajar orang tua. Untuk itu, perawat dapat memberi kesempatan pada orang tua untuk belajar tentang penyakit anak, terapi yang didapat dan prosedur keperawatan yang dilakukan kepada anak, tentunya sesuai dengan kapasitas belajarnya;
c) Untuk meningkatkan kemampuan kontrol diri dapat dilakukan dengan memberi kesempatan pada anak mengambil keputusan, tidak terlalu bergantung pada orang lain dan percaya diri. Tentunya hal ini hanya dapat dilakukan oleh anak yang lebih besar dan bukan bayi. Berikan selalu penguatan yang positif dengan selalu memberikan pujian dan dorongan atas kemampuan anak;
d)  Fasilitasi anak untuk tetap menjaga sosialisasinya dengan sesama klien yang ada, teman sebaya atau teman sekolah. Beri kesempatan padanya untuk saling kenal dan membagi pengalamannya. Demikian juga interaksi dengan petugas kesehatan dan sesama orang tua harus di fasilitasi oleh perawat karena selama di rumah sakit, orang tua dan anak mempunyai kelompok sosial yang baru.

2.2.8.3  Memberikan Dukungan kepada Anggota Keluarga Lain
                    Perawat dapat memberikan dukungan kepada anggota keluarga lain dengan cara :
        a) Berikan dukungan kepada keluarga untuk mau tinggal dengan anak di rumah sakit;
b) Bila diperlukan, fasilitasi keluarga untuk berkonsultasi pada psikolog atau ahli agama karena sangat dimungkinkan keluarga mengalami masalah psikososial dan spiritual yang memerlukan bantuan ahli;
c) Beri dukungan kepada keluarga untuk menerima kondisi anaknya dengan nilai-nilai yang diyakininya;
d) Fasilitasi untuk menghadirkan saudara kandung anak bila diperlukan keluarga dan berdampak positif pada anak yang dirawat maupun saudara kandungnya.

2.2.8.4 Mempersiapkan Anak untuk Mendapat Perawatan di Rumah Sakit
                 Persiapan anak sebelum dirawat di rumah sakit didasarkan pada adanya asumsi bahwa ketakutan akan sesuatu yang tidak diketahui akan menjadi ketakutan yang nyata.
        Pada tahap sebelum masuk rumah sakit dapat dilakukan :
a)  Siapkan ruang rawat sesuai dengan tahapan usia anak dan jenis penyakit dengan peralatan yang diperlukan;
b)  Bila anak harus dirawat secara berencana 1 – 2 hari, sebelum dirawat diorientasikan dengan situasi rumah sakit dengan bentuk miniatur bangunan rumah sakit.
         Pada hari pertama dirawat dilakukan tindakan :
1)  Kenalkan perawat dan dokter yang akan merawatnya;
2) Orientasikan anak dan orang tua pada ruangan rawat yang ada beserta fasilitas yang dapat digunakan;
3)  Perkenalkan dengan klien anak lain yang akan menjadi teman sekamarnya;
4)  Berikan identitas pada anak, misalnya pada papan nama anak;
5)  Jelaskan aturan rumah sakit yang berlaku dan jadwal kegiatan yang akan diikuti;
6)  Laksanakan pengkajian riwayat keperawatan;
7)  Lakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan lainnya sesuai dengan yang diprogramkan.

2.3      Penelitian Terkait
      Sesuai dengan hasil penelitian Eka (2005) mengenai peran perawat terhadap penurunan tingkat stres anak usia 1-3 tahun di IRNA Anak RSMH Palembang, didapatkan 52,9% klien anak (18 responden dari 34 responden) mengalami stres hospitalisasi.

BAB III
KERANGKA KONSEP DAN DEFINISI OPERASIONAL

3.1   Kerangka Konsep 
Gambar 3.1
Kerangka Konsep

3.2   Variabel dan Definisi Operasional
No.
Variabel
Definisi Operasional
Cara Ukur
  Alat Ukur
Hasil Ukur
   Skala Ukur
1.
Kecemasan karena perpisahan pada anak usia todler
Ekspresi tidak aman pada anak usia todler akibat berpisah dengan orang yang terdekat (ibu) dan lingkungannya, yang dinilai dari gejala dan tanda yang ditunjukkan anak

Wawancara
Kuesioner
Kecemasan dibagi menjadi 4 kategori, yaitu :
1. Tidak ada kecemasan, bila nilai 0 - 4
2.   Ringan, bila nilai 5 - 10
3.   Sedang, bila nilai 11 - 19
4.   Berat, bila nilai 20 - 40
Ordinal
2.
Kehilangan kontrol diri pada anak usia todler
Menurunnya kemampuan anak dalam mempertahankan otonomi dan mengendalikan dirinya akibat keterbatasan karena sakit, yang dinilai dari gejala dan tanda yang ditunjukkan anak

   Wawancara
Kuesioner
Kehilangan kontrol diri pada anak dibagi menjadi 4 kategori, yaitu :
1.   Stabil, bila nilai 0 - 4
2.   Ringan, bila nilai 5 - 10
3.   Sedang, bila nilai 11 - 19
4.   Berat, bila nilai 20 – 40
  Ordinal
3.
Rasa takut terhadap perlukaan tubuh pada anak usia todler
Reaksi (ekspresi) negativitas anak terhadap tindakan pengobatan dan perawatan yang dilakukan kepadanya karena menganggap tindakan dan prosedur perawatan mengancam integritas tubuhnya, yang dinilai dari gejala dan tanda yang ditunjukkan anak
Wawancara
Kuesioner
Rasa takut pada anak usia todler dibagi menjadi 4 kategori, yaitu :
1.   Tidak takut, bila nilai 0 - 4
2.   Ringan, bila nilai 5 - 10
3.   Sedang, bila nilai 11 - 19
4.   Berat, bila nilai 20 - 40
Ordinal

 BAB IV
METODE PENELITIAN

4.1      Desain Penelitian
            Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode survei deskriptif. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah cross sectional. Studi rancangan penelitian cross sectional adalah rancangan penelitian yang semua variabelnya diobservasi atau dikumpulkan sekaligus dalam waktu yang sama (Notoatmodjo, 2002).

4.2      Populasi dan Sampel
4.2.1    Populasi Penelitian
Populasi adalah keseluruhan dari subjek penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu yang mempunyai anak usia todler yang dirawat di Paviliun ... RS ... pada bulan Juni tahun 20...

4.2.2    Sampel Penelitian
            Sampel adalah bagian dari populasi yang dianggap mewakili. Besarnya sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus dalam Nursalam (2003) sehingga besar sampel dalam penelitian ini adalah 16 orang sampel.
Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara accidental sampling. Adapun kriteria inklusi sampel penelitian ini sebagai berikut :
1)  Ibu yang mempunyai anak yang baru pertama kali dirawat di Paviliun ... RS...;
2)  Usia anak 1 – 3 tahun;
3)  Anak dalam keadaan sadar;
4) Ibu bersedia menjadi responden.
            Kriteria eksklusi dalam penelitian ini, yaitu :
1)  Bayi (usia 0 – 11 bulan);
2)  Balita (usia 4 -12 tahun);
3)  Anak yang mengalami syok;
4)  Anak yang apatis;
5)  Anak yang coma.
           
4.3      Pengukuran dan Pengamatan Variabel Penelitian
            Setiap variabel dalam penelitian ini diukur dan diamati dengan menggunakan kuesioner. Adapun kriteria pengukuran dan pengamatan masing-masing variabel tersebut sebagai berikut :
A.  Penilaian
      0  =  Tidak ada gejala sama sekali
      1  =  Satu gejala dari pilihan yang ada
      2  =  Separuh dari gejala yang ada
      3  =  Lebih dari separuh dari gejala yang ada
      4  =  Semua gejala ada
Tabel 4.1
Pengukuran dan Pengamatan Variabel Penelitian
No.
Variabel
Nomor Soal
Kriteria Hasil
1.
Kecemasan karena perpisahan pada anak usia todler
A
1 – 10
(10 soal)
Kecemasan dibagi menjadi 4 kategori, yaitu :
1.  Tidak ada kecemasan, bila nilai 0 - 4
2.  Ringan, bila nilai 5 - 10
3.  Sedang, bila nilai 11 – 19
4.  Berat, bila nilai 20 - 40
2.
Kehilangan kontrol diri pada anak usia todler
B
11 – 20
(10 soal)
Kehilangan kontrol diri pada anak dibagi menjadi 4 kategori, yaitu :
1.   Stabil, bila nilai 0 - 4
2.   Ringan, bila nilai 5 - 10
3.   Sedang, bila nilai 11 – 19
4.   Berat, bila nilai 20 – 40
3.
Rasa takut terhadap perlukaan tubuh pada anak usia todler

C
21 – 30
(10 soal)
Rasa takut pada anak usia todler dibagi menjadi 4 kategori, yaitu :
1.  Tidak takut, bila nilai 0 - 4
2.  Ringan, bila nilai 5 - 10
3.  Sedang, bila nilai 11 – 19
4.  Berat, bila nilai 20 – 40

B.   Penilaian Derajat Kecemasan /  Kehilangan Kontrol /  Rasa takut
SKOR
TINGKAT KECEMASAN /  KEHILANGAN KONTROL /
RASA TAKUT
0 - 4
5 – 10
11 – 19
20 - 40
Tidak ada kecemasan / Stabil / Tidak takut
Ringan
Sedang
Berat                                                                                              









4.4  Pengumpulan dan Manajemen Data
4.4.1  Instrumen Penelitian
         Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Penyusunan kuesioner dan hasil ukur dalam penelitian ini berpedoman dan memodifikasi klasifikasi tingkat kecemasan menurut Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS) dalam Nursalam (2003).

4.4.2  Data Primer
            Data primer diperoleh melalui observasi langsung dan wawancara dengan menggunakan kuesioner kepada ibu yang mempunyai anak usia todler (umur 1 – 3 tahun) yang baru pertama kali dirawat di Paviliun .. RS....
       Data primer yang dikumpulkan adalah data anak usia todler yang meliputi kecemasan karena perpisahan, kehilangan kontrol diri dan rasa takut terhadap perlukaan pada tubuh.
            Pengumpulan data dilakukan oleh peneliti sendiri dan dibantu oleh orang lain yang sebelumnya para petugas telah diberi pelatihan teknik pengumpulan data.

4.4.3  Data Sekunder
            Data sekunder diperoleh melalui profil RS... tahun 20.. dan laporan bulanan Paviliun ... tahun 20... Dari laporan tersebut juga diketahui bahwa pada 5 bulan terakhir (Januari sampai Mei 20...) klien anak yang dirawat di Paviliun ... sebanyak 105 orang anak.

4.4.4  Pengolahan Data
            Data yang terkumpul kemudian diolah melalui tahap-tahap berikut :
1)  Editing, yaitu meneliti kembali setiap lembar jawaban dari kuesioner, apakah jawaban pada kuesioner sudah lengkap, jelas, relevan dan konsisten;
2)  Coding, yaitu upaya mengklasifikasikan jawaban atau hasil yang ada menurut macamnya dalam bentuk yang lebih ringkas dengan menggunakan kode-kode;
3)  Transfering, yaitu proses pemindahan atau penyusunan data yang telah diberi kode sesuai kelompoknya masing-masing untuk mempermudah pengolahan data;
4)  Entry Data, yaitu proses memasukkan data ke dalam program pengolahan data komputer;
5)  Cleaning, yaitu proses pengecekan ulang dan pembersihan data dari kesalahan.

4.4      Teknik Analisis Data
            Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis univariat. Analisis univariat adalah analisis yang dilakukan untuk memperoleh gambaran distribusi frekuensi dan persentase dari variabel.




           








1 komentar: